SEJARAH BERDIRINYA PRODI KPI dan PENINGKATAN AKREDITAS PRODI
Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan salah satu prodi dibuka di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Teungku Dirundeng pada tahun 2003 sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor: Dj.II/34/2003 tanggal 17 April 2003. Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh divisitasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 11 Desember 2015, hal ini bertujuan untuk memverifikasi kelengkapan data administrasi sesuai dengan yang tercantum di borang.

Adapun tim asesor yang dikirim BAN-PT pada saat itu adalah Dr. Arif Subhan, M.Ag dari UIN Jakarta dan Dr. Nawari Ismail, M.Ag dari Universitas Muhammadyah Yogyakarta. Asesor menilai jika dilihat dari sarana dan prasaran STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh sudah memadai. Prodi dituntut untuk mendorong para dosen untuk menerapkan sistem pembelajaran e-learning tersebut.

Kemudian pada tanggal 29 Desember 2015, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh memperoleh nilai akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan nomor SK 126/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015. Ini merupakan salah satu pencapaian terbaik bagi prodi KPI karena berhasil meningkatkan akreditasinya. Sebelumnya, Prodi Komunikasi dan Penyaiaran Islam STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh memperoleh nilai akreditasi “C”.

Perubahan nilai akreditasi ini tentunya memberi keuntungan tersendiri bagi program studi dalam menyerap calon mahasiswa. Seiring perjalanan waktu, prodi KPI STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh terus melakukan pembenahan sumber daya dosen dan peningkatan prestasi mahasiswa.

Di bawah kepemimpinan ketua prodi Iin Meriza, MA bersama sekretaris prodi Heri Rahmatsyah Putra, M.Kom.I bersama dosen-dosen tetap lainnya Junaidi, M.Kom.I, Mutia Tisa, M.Kom.I, Irsan Adrianda, MA, Ulfa Khairina, MA, dan Hijrah, M.Kom di tahun 2020 Prodi KPI berhasil mempertahankan akreditasi “B” dari BAN PT dengan nomor SK 403/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021.

Dan pada tahun 2023 tepatnya pada tanggal 23 april, dilantiknya ketua prodi baru Heri Rahmatsyah Putra, M.Kom.I periode 2023-2027 melanjutkan estafet dari ketua prodi sebelumnya iin Meriza, MA, Dibantu dengan sekretaris prodi Ulfa Khairina, MA.